08 Maret 2016

GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016


Gerhana Matahari adalah keadaan di mana posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Pada tahun 2016 ini akan terjadi gerhana matahari total yang mana fenomena gerhana matahari total sepenuhnya dapat di lihat pada beberapa kota di indonesia antara lain Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

Untuk wilayah yang dapat melihat sebagian saja gerhana matahari total yaitu Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makasar, Kupang, Manado dan Ambon.

Peristiwa ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 dan bisa di lihat sekitar pukul 06.00 - 09.00 wib. Gerhana matahari total sebelumnya sudah pernah terjadi pada tahun 1983.

Kabar mengenai dampak kebutaan mata jika melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bisa di bilang mitos, namun hal tersebut perlu di ketahui bahwa sebenarnya ketika melihat sinar matahari tanpa adanya gerhana dengan sinar matahari gerhana sama - sama berbahaya.

Untuk itu hindari melihat sinar matahari secara langsung karena dapat membahayakan mata yaitu retina mata rusak.

Yang menyebabkan mata bisa mengalami kerusakan adalah jika melihat matahari dalam jangka waktu lama hal tersebut membuat retina mata rusak biasa disebut solar retinopathy.

Gejalanya adalah titik - titik hitam pada pandangan mata dan itu sulit untuk dipulihkan.

Penyebabnya bisa karena ketika mata melihat matahari yang tertutup bulan membuat pupil mata akan membesar untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin karena suasana yang gelap.

Tetapi ketika fase gerhana matahari total berakhir dan bulan mulai bergeser tidak penuh menutupi sinar matahari, sinar atau cahaya matahari akan terang kembali dan hal ini yang membahayakan kesehatan mata.

Bagaimana melihat gerhana matahari yang aman. Ada beberapa cara salah satunya dengan menggunakan kacamata khusus, atau bisa dengan kacamata hitam namun perlu di ingat dalam penggunaan kaca mata hitam tidak boleh terlalu lama.

Cara lain melihat pantulan matahari dengan ember atau kolam, untuk cara yang paling aman adalah dengan melihat gerhana matahari total dengan menyaksikan siaran langsung melalui situs internet, antara lain milik Observatorium Boscha Bandung.

Bagi kaum muda yang suka berselfie ria, ketika terjadi gerhana matahari, kondisi ketika matahari tertutup total adalah waktu yang paling aman untuk melihat gerhana matahari total namun hal tersebut hanya berlangsung dalam waktu sebentar sekitar 3 menit.

Yang menjadi catatan adalah ketika mengambil foto dengan objek gerhana matahari total dengan mata telanjang waktu memposisikan foto dengan melihat matahari hal tersebut dapat membahayakan mata.


0 komentar:

Posting Komentar